PT Ekamant Indonesia: Total Abrasives Solution!
PT Ekamant Indonesia merupakan salah satu vendor abrasif terlengkap di Indonesia. Perusahaan yang berlokasi di kawasan industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, tidak hanya memiliki fasilitas converting yang mampu menyediakan segala jenis dan bentuk amplas yang dibutuhkan oleh berbagai industri di Indonesia, mulai dari industri mebel hingga industri metal, automotif dan musical instrumental.
Range produk yang sangat luas menjadikan PT Ekamant Indonesia mengetengahkan
motto “Total Abrasives Solution”. Menurut Manager Technical Support Andri Franniko, ST., PT Ekamant Indonesia
memiliki tiga brand untuk line industri, yaitu Ekamant, Ekalite dan Kovax.
“Produk-produk Ekamant AB berfokus ke industri wood working, sehingga tidak akan bisa membuatnya total”. “Untuk
mengisi pasar automotif dan instrumen diisi oleh brand Kovax. Lantas ada brand
Ekalite memenuhi kebutuhan industri metal dan lainnya,” lanjutnya.
“Produk kami bisa dikatakan lengkap mulai dari range product, harga, kualitas, dan jenis produk,” ungkap Andri.
Tidak hanya range produk yang luas dan amat beragam, Ekamant Indonesia juga memiliki jejaring kerja yang besar bahkan untuk perusahaan sejenis. “Itu mencakup juga jumlah salesperson dan kantor cabang,” ujar Andri. Jumlah salesperson saat ini mencapai kisaran 100 orang.
Jaringan kerjanya
pun tersebar mulai dari Medan hingga Surabaya. Cabang di Medan meliputi
sebagian besar penjualan di wilayah Sumatera. Jakarta setidaknya memiliki tiga cabang, yang meliputi kantor pusat dan Jakarta.
Selain Jakarta, sales office juga terdapat di Tangerang dan Karawang. Di Semarang,
terdapat kantor regional dan sales untuk wilayah kerja Semarang Raya. Kantor
ini membawahi kantor cabang Yogyakarta dan Tegal, sementara kantor cabang
Jepara berdiri sendiri. Cabang di Surabaya didukung oleh 11 salesperson.
“Diluar area itu, ada tim sales luar kota dari cabang Jakarta akan
mengcovernya,” kata Andri.
Andri menambahkan
pihaknya telah menyiapkan team dengan kemampuan yang sangat mumpuni.
Mereka sudah lebih dulu dilatih selama sedikitnya enam bulan
sebelum ditugaskan atau ditempatkan disana. Jadi ada pelatihan yang harus
ditempuh sebelum diterjunkan ke lapangan.
Untuk mengawaki
Technical Support ini pihaknya memang mencari calon dengan latar belakang
teknik. “Idealnya memang lulusan teknik mesin tapi itu bukan sesuatu yang mutlak, namun rerata
pernah bekerja di perusahaan Jepang,” jelas Andri.
Kenapa Demikian? “Pertama disiplinnya. Ada yang pernah bekerja di Honda, Daihatsu dan Suzuki.Tidak harus strata S1, namun cukup jika sudah memiliki pengalaman kerja sudah kami anggap mencukupi,” jelasnya panjang lebar. “Yang penting justru daya analisa, teknis itu seperti hobi. Kalau dia tidak memiliki back ground teknik akan sulit menganalisa persoalan yang dihadapi. Untuk bisa menganalisa maka person itu harus cukup paham,” tambahnya.
Menurutnya,
permintaan konsul dari customer merupakan hal rutin, di luar pelatihan atau
training yang kerap diadakan atas permintaan customer. “Permintaan diluar
training cukup banyak hingga kini”.
Kegiatan konsul
umumnya bisa dibagi dalam dua macam, yaitu melakukan testing atau
pengujian. Ini karena setiap customer yang akan menggunakan produk-produk
Ekamant belum tentu langsung disetujui. Customer harus melakukan penyesuaian
lebih dulu, dan disitulah peranan technical support untuk memberikan
pemahaman dan pengetahuan tentang cara setting yang ideal dan sesuai.
Terkadang setelah dicek ulang, ada persoalan ketidak sesuain dalam penggunaan
di masing-masing head dalam satu mesin Wide Belt Sander (WBS). “Bisa
saja customer menggunakan amplas yang bagus namun jika settingnya tidak tepat,
hasilnya tidak akan bagus. Jadi tugas techincal support lah untuk membantu
settingnya”, jelasnya.
Bagus saja tidaklah cukup, “Kami menghendaki customer bisa efisien dalam penggunaannya. Itu juga hal yang penting,” tuturnya.
“Kami juga harus
melatih para operator mesin WBS. Ini kendala karena di berapa tempat tidak ada
operator tetapnya” katanya. Kehadiran operator tetap akan sangat memudahkan
untuk melatihnya, dan proses itu dilakukan setelah tahap testing produk usai
dilakukan.
Kegiatan
kelapangan yang kedua adalah handling complaint, “Harus bisa memberikan
respon yang baik dan cepat,” kata Andri. Hal ini dipandang sangat penting. Kalau teknisi technical support
yang didatangkan tidak bisa menyelesaikan masalahnya, bisa jadi customer akan kecewa. “Itu poin pentingnya,” tegasnya.
Menurutnya waktu
penanganan komplain harus diakukan dalam 1x24 jam setelah diterima. Jika
terjadi di luar kota maka paling tidak sales person PT Ekamant Indonesia
terlebih dahulu mendatanginya, “Mereka akan berkoordinasi dengan technical
support untuk memberikan solusi terdekat yang paling simpel untuk dilakukan,”
jelasnya. Jika itu tidak terjadi maka akan diatur kunjungan technical support.
Untuk pengaturan
jadwal mempertimbangkan berdasarkan skala prioritas yang ada. “Kami punya
target untuk itu, harus selesai dalam satu kali kunjungan,” tegasnya. Jika
tidak terselesaikan maka Ia menduga ada faktor lainnya seperti perlunya
dilakukan perbaikan mesin segera mungkin. Menurutnya, hal ini secara teknis
sudah clear, selesai! “Namun secara fungsional kan masih belum cukup maksimal.
Itu pengecualian,” tambahnya.
Untuk permasalahan teknis yang lebih dalam technical support bisa berkolaborasi dengan teknisi
mesin sesuai dengan mesin yang dipakai, hal ini sudah sering dilakukan.
Selain testing,
ada satu lagi kegiatan yaitu coaching clinic. Umumnya kegiatan lapangan
ini diawali dengan training. Namun itu bukan keharusan. Kebutuhan ini
bisa dipantau dari training sebelumnya, atau pihaknya ingin tahu bagaimana
penggunaan amplas apakah sudah sesuai arahan. Coaching clinic juga bisa langsung tanpa
training. Dalam proses ini,
pihaknya memantau dari awal hingga akhir proses pengamplasan sehingga bisa
melakukan koreksi agar hasil lebih bagus dan efisien.
Untuk coaching
clinic, akan disertakan rekomendasi setelah laporan diberikan. Ini bisa
pemberian sampel untuk diuji coba. Menurutnya, hal semacam itu lumrah dilakukan
technical support untuk industri wood working.
Saat ini Team Technical Support
Ekamant tidak hanya fokus di industri
woodworking tetapi juga memiliki team untuk industri musical, metal dan automotif.
Untuk pelayanan kepada pelanggan, seluruh tim sales PT Ekamant Indonesia
selalu berkunjung ke pelanggan setiap harinya, dengan tujuan agar permasalahan
yang di hadapi customer segera bisa di ketahui dan tidak berlarut. Ekamant
juga selalu melakukan develop produk-produk
baru untuk kebutuhan pelanggan dan
mengikuti
pameran minimal dua kali dalam setahun dengan
tujuan agar selalu dekat.
Komentar
Posting Komentar