Thibaud Le Moign: Wait and See!

Export Development Manager French Timber Thibaud Le Moign menyebutkan pihaknya masih akan wait and see akan perkembangan di tahun depan. Baginya, ia sudah mengalami pasang surut yang amat fluktuatif dalam berapa tahun terakhir sehingga tidak lagi berharap besar akan adanya kejutan-kejutan yang amat tajam. Ia hanya berharap akan ada peningkatan setelah penurunan. “Tidak semua pasar dalam posisi selevel karenanya tidak semuanya mengalami slow down secara bersamaan,” ujarnya saat diwawancarai. Ikuti perbincangannya dalam seri kedua Outlook kali ini.


“Terlalu banyak concern terhadap situasi pasar pada saat ini. Tidak ada yang benar-benar tahu apa yang bisa diharapkan saat ini dan ke depannya. Pasar mengalami pelonjakan yang sangat tinggi dalam berapa tahun terakhir, namun kini d ihadapkan dengan penurunan yang signifikan. Fluktuasi tajam merupakan kejutan yang drastis. Dengan kondisi yang sudah terjadi, tidak seorang pun yang berharap pasar akan meningkat dalam waktu dekat. Ini menjelaskan besarnya ketidak pastian pasar, yang tidak bisa dijelaskan siapapun.

“Sebenarnya tidak semua pasar dalam posisi selevel. Ada yang sedang berada dalam kondisi terendahnya, namun ada pasar yang masih menguat dan dengan stok bahan baku kayu cukup tinggi. Ada juga yang stabil sehingga kami selalu mendapatkan order yang cukup. Itu terjadi di pasar Eropa, Timur Tengah maupun Asia.

“Pasar-pasar itu bergerak dinamis setiap saat. Saat ini Sebagian sedang mengalami penurunan tapi tidak lah terlalu mengkuatirkan. Masih ada yang bisa diharapkan dari pasar-pasar itu. Pertanyaannya adalah bagaimana perkembangan di tahun depan. Saya tidak bisa memberikan jawaban yang pasti akan itu,tapi berharap tidak akan terjadi penurunan lagi. Bahkan diharapkan akan terjadi peningkatan. Ada baiknya kita wait and see.

“Saya tidak punya bola kristal untuk meramal pasar mana yang masih bertumbuh di tahun depan. Itu sebabnya sangat penting melakukan diversifikasi pasar karena mereka tidak akan mengalami slow down bersamaan. Itu lah sebabnya selama sepuluh tahun terakhir, kami hadir di pasar India. Pasar ini telah menjadi major market dan akan berkembang jadi salah satu pasar terpenting kami di masa depan. Pasar ini terus berkembang dari waktu ke waktu dan banyak potensinya disana. Pasar Asia selalu menjadi bagian penting bagi industri kayu global, sekalipun sejumlah bagian mengalami penurunan saat ini. Saya berharap itu tidak berlangsung dalam waktu lama.

“Kami juga tetap menjaga pasar Eropa. Pasar ini merupakan salah satu pasar terpenting kami, dan akan tetap menjadi pasar terpenting bagi kami karena menghasilkan banyak produk yang berbeda dan sangat variatif. Beberapa bagian pasar yang sedang mengalami pelambatan diharapkan akan mengalami pertumbuhan signifikan di tahun depan.

“European Union Deforestation-free Regulation (EUDR) sangatlah penting bagi Eropa dan Amerika sendiri. Regulasi ini dibuat untuk memastikan produk-produk yang nantinya dibeli masyarakat Uni Eropa tidak menyumbang pada laju deforestasi atau justru berasal dari lahan-lahan yang mengalami deforestasi. Ini akan menjadi poin penting dalam berbisnis dengan Masyarakat Uni Eropa.

“Hutan sangat penting dan manajemen hutan di Perancis sudah sangat bertanggung jawab pada lingkungan. Tidak dibolehkan ada penebangan berlebihan hanya karena melonjaknya demand pasar dalam sesaat.  Tidak bisa asal tebang dan semua harus direncanakan sangat mendetil, agar pasar dan konsumen juga menyadari pentingnya sustainability. Industri kehutanan dan hasilnya memainkan peran yang sama dengan industri lainnya dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

“Itu sangat terkait dengan pengelolaan hutan dalam jangka panjang. Sekali lagi dalam jangka panjang dan bertanggung jawab pada ekosistem lingkungan. Terkadang ini sangat menyulitkan disaat ada tambahan demand dari pelanggan. Anda akan mudah tergoda untuk menebang lagi, dan lagi. Ini akan menjadi permainan wood versus long term business. Dampaknya akan terasakan di masa depan. Itu membuat bisnis kayu sangat sulit namun sangat menarik dan menantang.

“Anda akan berupa untuk memenuhi demand yang masuk, tapi, di saat yang sama, anda akan dipaksa berpikir ke masa depan. 10, 15, bahkan 20 tahun mendatang. Anda dipaksa melakukan rotasi antara tebang dan tanam di lahan yang sama. Dua tahun yang lalu demand akan kayu Perancis meningkat, bahkan dua kali lebih dari volum yang ada. Namun pemerintah Perancis tetap tegas pada peraturan yang dibuatnya agar tidak terjadi eksploitasi berlebih. Ini membuat kami frustasi namun untuk keberlanjutan bisnis kami pun tetap membatasinya. (WNID/eM)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketua Umum HIMKI Abdul Sobur: “Pasar akan mulai membaik”

EUDR: “Very badly written law”.

Terobosan HIMKI ke China untuk Meningkatkan Daya Saing Global